Jalur Koneksi & Kecepatannya


Mungkin anda pernah mendapat email konfirmasi tentang perbaikan atau maintenance di jalur koneksi international dari provider hosting anda, atau anda pasti juga sering membaca di website provider yang memasukkan parameter  “Bandwidth International” atau “ International Link” di paket harga mereka.

Sebenarnya apa sih artinya dan apa pengaruhnya terhadap website saya?

Berikut ulasannya:

Seperti yang kita tahu bahwa Penyedia jasa Internet (PJI) atau yang kita kenal dengan ISP adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan teleponmerupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara lokal maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan bandwidth), radio, maupun VSAT. Nah, dalam hal inilah, ISP mengenalkan istilah bandwidth yang dibagi ke dalam bandwidth lokal dan bandwidth internasional.

Bandwidth lokal adalah lebar saluran yang dipergunakan untuk menghubungkan server anda ke server lokal lain (yang masih terdapat di satu negara). Sedangkan bandwidth Internasional adalah lebar saluran untuk data transfer ke server lain dalam ruang lingkup world wide / antar negara.

Ibaratkan Jalur Koneksi International adalah jalan raya yang harus kita lewati untuk ke luar negeri, sedangkan Bandwidth International adalah lebar jalur tersebut. Makin lebar suatu jalan raya, maka makin lancar arusnya.

Bandwidth memiliki satuan bits/second (bps), apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda (termasuk gambar, audia, video dll). Makin besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar pula data transfernya.

Data Transfer yaitu ukuran lalu lintas data dari website Anda. Satuan nilai yang digunakan adalah Bytes (biasanya Giga Bytes). Paket tersebut menawarkan 150 GB Bandwith International untuk paket yang paling murah. Semakin besar paket hosting Indonesia anda, semakin besar data trasfernya

Beberapa hal yang mempengaruhi pemakaian bandwidth, antara lain :

  • Tampilan Website

Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.

  • Upload dan Download

Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.

  • POP3 dan SMTP

Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda

Di Indonesia, ‘infrastruktur jalan lokal’ sudah sangat terjangkau. Tetapi ‘infrastruktur internasional’ tarifnya masih sangat tinggi. Inilah kenapa, provider server Indonesia belum banyak yang menyediakan server Indonesia dengan kapasitas jalur Internasional yang besar.

Bagi beberapa provider yang sudah menyediakan jalur internasional biasanya mengemas dalam paket-paket dengan harga yang berbeda, semakin mahal paket yag dipilih, semakin besar pula kapasitas yang disediakan.
Untuk lebih jelasnya lagi ada  “Saluran Akses Internet & Kecepatan Akses”, cekibrot :

No.

Saluran Askes Internet

Kecepatan/Bit Rate

Keterangan

1

Saluran Telepon

56kbps

Saluran telepon digunakan untuk menghubungkan komputer kita ke ISP untuk akses Internet.

2

ISDN (Integrated System Digital Network)

128 kbps

ISDN merupakan layanan telepon berkecepatan tinggi.

3

HDSL (High Data-Rate Digital Subcribe Lines)

1,544/2,048 Mbps

HDSL merupakan sistem yang memungkinkan transmisi dan berkecepatan tinggi.

4

SDSL (Single-Line Digital Subcribe Lines)

1,544/2,048 Mbps

SDSL disebut symmetric karena kecepatan aliran data untuk upload sama dengan kecepatan aliran data selama download.

5

ADSL (Asymetric Digital Subcribe Lines)

8 Mbps

ADSL disebut asymmetric karena kecepatan untuk kirim data berbeda dengan kecepatan menerima data.

6

VDSL (Very-high-bit-rate Digital Subcribe Lines)

25 Mbps

VDSL dapat mengirimkan data dengan kecepatan 1,6 Mbps dan menerima data dengan kecepatan 25 Mbps pada jarak maksimum 900m

7

VSAT (Very Small Aperture Terminal)

55 Mbps

VSAT berbentuk seperti piringan yang berukuran besar dan menghadap ke langit.

8

Radio Paket

9.600 bps

Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data/aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi.

9

TV Kabel

38 Mbps

TV kabel dapat digunakan sebagai saluran mengakses atau koneksi internet

10

Kabel Listrik (PLC/Power Line Communication)

10.000 kbps

Kabel listrik merupakan alternatif baru untuk askes kedunia maya.

11

WAP (Wireless Application Protocol)

9,6 kbps

WAP adalah protocol yang memungkinkan para pengguna ponsel dapat mengakses layanan online internet dengan menggunakan built-in browser pada pinsel

12

GPRS (General Packet Radio Service)

115 kbps

Teknologi GPRS yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses internet dimana pun selama GPRS masih hidup.

13

WiFi (Wireless Fidelity)

11 Mbps

WiFi ialah standar IEE 802.11x, yaitu teknologi wireless/nirkabel yang dapat menyediakan akses internet mencapai 11 Mbps.

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: