Bermain Biola


Biola dimainkan dengan tangan kanan memegang busur dan tangan kiri menekan senar, meskipun orang tersebut adalah kidal, meskipun ada juga yang menggunakannya terbalik. Walaupun ada beberapa pemain biola yang memainkan dengan kidal, namun mayoritas pemain biola bermain dengan biola di tangan kiri dan busur di tangan kanan.

Cara yang benar untuk bermain biola adalah dengan memegang biola dengan tangan kiri, dan penyangga dagu pada biola diapit dengan dagu dan pundak kiri, dapat dibantu dengan menyanggah bahu, namun banyak pemain yang memilih tidak menggunakannya. Bermain biola dapat dilakukan dengan berdiri maupun duduk di kursi, sesuai selera pemain.

Cara membunyikan biola dapat dengan digesek dengan busur maupun dipetik dengan jari tangan kanan (teknik ini disebut dengan pizzicato). Walaupun untuk pemain biasa memetik senar biola dengan teknik pizzicato selalu dilakukan dengan jari tangan kanan, namun ada pula pemain yang memetik dengan tangan kiri dan lagu-lagu khusus yang memerlukan kecepatan tinggi antara menggesek dengan busur dan memetik dengan jari sehingga jari tangan kiri yang digunakan.

Karena biola tidak memiliki fret seperti gitar sebagai penanda jari, seorang pemain biola harus benar-benar tahu di mana letak suatu nada dengan menggunakan perasaan. Untuk dapat menentukan nada tersebut, hanya dapat dilakukan dengan berlatih terus-menerus sehingga jari-jari tangan dapat secara otomatis menekan nada yang diinginkan dengan tepat. Selain melatih jari, pemain biola juga harus melatih telinga sehingga dapat membedakan nada-nada sumbang, walaupun hanya sedikit saja.

Teknik yang digunakan oleh para pemula untuk menandai letak nada pada biola antara lain dengan tanda yang bisa dilihat yang ditempelkan pada leher biola, atau dengan menggunakan alat apa saja yang dapat membantu. Setelah latihan dengan rajin, seorang pemula diharapkan akan dapat mengingat-ingat dan meninggalkan metode-metode ini dan mengandalkan refleks saja. Metode ini dianggap kurang begitu baik karena mengandalkan indra penglihatan, karena pemain juga harus membaca not musik, melainkan harus melalui.

Latihan pendengaran sebaiknya dilakukan sejak dini agar fondasinya kokoh. Salah satu tenik yang sering digunakan adalah dengan melatih bunyi yang sama. Keempat senar biola memiliki empat nada terbuka, yaitu G-D-A-E, nada yang berbunyi jika senar digesek tanpa ditekan oleh jari.  Keempat nada terbuka ini akan turut bersuara jika nada serupa pada senar lain dibunyikan (karena persamaan frekuensi)), misalnya senar D akan berbunyi jika nada D pada senar G dibunyikan. Pada posisi pertama, ada sembilan nada tertutup yang memiliki resonansi akustik dengan keempat nada terbuka di atas.

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

One Response to Bermain Biola

  1. ayda mengatakan:

    hallo..nama sy ayda dari jambi..mau bertanya..jika saya adalah insan bertangan kidal dan mau bermain biola..boleh apa ngak???..soalnya saya nggak pandai memegang busur di tangan kanan..soalnya agak lemah..

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: