[Share] Universitas Mana Yang Baik dan Murah?


Dengan program Privatisasi/Swastanisasi Perguruan Tinggi Negeri, jika dulu untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri cukup murah (tahun 1998 uang masuk dan semester sekitar Rp 200 ribu), maka sekarang uang masuknya saja bisa mencapai Rp 5-25 juta. Belum uang semester yang bisa mencapai Rp 7,5 juta. Jadi jika anda kuliah S1 selama 4 tahun, anda bisa mengeluarkan sampai Rp 85 juta. Jika anda punya 4 anak yang kuliah, biaya kuliah anak anda total Rp 180 juta. Cukup buat modal bikin perusahaan! Bahkan di Kompas disebut biaya masuk PTN sampai Rp 100 juta.

Lalu bisakah orang miskin kuliah? Ada fasilitas beasiswa (penuh atau sebagian) dengan syarat memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW dan diutamakan dari Keluarga Miskin. Tapi jika anda merasa sebagai calon pemimpin dan punya harga diri mungkin hal itu kurang menarik.

 

Jika memang PTN sudah tidak terjangkau lagi, banyak alternatif lainnya. Misalnya di Bina Sarana Informatika (ini bukan iklan) uang masuk hanya Rp 800 ribu hingga 1,25 juta. Sementara biaya kuliah hanya Rp 980 ribu/semester. Dalam 3 tahun kuliah anda cukup mengeluarkan Rp 7 juta saja. Lihat informasinya di:

http://bsi.ac.id

Memang hanya ada program D3, tapi itu cukup untuk membuat anda bisa bekerja untuk kemudian melanjutkan ke S1 di Universitas lain. Beberapa lulusan BSI yang saya kenal terbuktibisa bekerja di Citibank, Stanchart, BPPOM, dan sebagainya.

Bagaimana kalau mutu kuliah dan gurunya kurang bagus? Kualitas pendidikan bukan hanya tergantung dosen, materi, dan fasilitas, tapi yang paling utama adalah kemampuan akademis mahasiswanya. Jika mahasiswanya bodoh, kuliah di universitas terbaik tetap saja bodoh dan bisa DO. Sebaliknya mahasiswa yang cerdas bisa belajar bukan hanya dari dosen, tapi juga dari internet.

Lewat internet, anda bisa mendapatkan berbagai ilmu atau materi kuliah dari ilmuwan/universitas terbaik. Anda bisa mencari materi lewat mesin pencari seperti Google.com atau berdiskusi dengan para pakar lewat milis khusus.

Untuk Teknologi Informasi (TI), anda bisa belajar/diskusi masalah TI dengan mengirim email ke mifta-perjuangan-subscribe@yahoogroups.com

Bisa juga anda mengikuti kuliah di eUniversity yang diasuh oleh Pakar TI, Romi Satria Wahono, yang beberapa muridnya telah mendapat penghargaan kelas dunia dengan biaya terjangkau di:

http://university.romisatriawahono.net

Jika misalnya biaya di Fakultas Kedokteran sangat mahal dan mencapai ratusan juta rupiah, anda bisa mengambil kursus bekam/hijamah dengan biaya Rp 500 ribu saja. Gelar mungkin tidak ada, tapi anda bisa buka praktek dan dapat menyembuhkan penderita penyakit darah tinggi, stroke, dan jantung dengan lebih cepat, murah, dan memuaskan. Biaya bekam/orang saat ini Rp 50.000/orang. Dalam satu jam anda bisa membekam 3 orang atau mendapat Rp 150 ribu/jam. Bayangkan dalam sebulan anda bisa mendapat Rp 20 juta/bulan! Info tentang Bekam bisa anda lihat di:

http://media-islam.or.id/2008/12/02/pengobatan-ala-nabi-thibbun-nabawi/

Jadi meski biaya PTN tidak terjangkau tetap optimis.

Alternatif Perguruan Tinggi murah lainnya adalah dengan ikatan dinas seperti:

Dari Johan Romadhon di milis LISI:

Saya baru terpikir untuk keliling ke seluruh perwakilan kantor pemerintah yang ada di kota Semarang dan bertanya ttg PT Kedinasan yang mereka punyai. Dalam daftar saya waktu itu:

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara – Ikatan Dinas) http://www.stan.ac.id
2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik – Ikatan Dinas) http://www.stis.ac.id
3. AKIP (calon sipir Akademi Ilmu Pemasyarakatan) http://www.akip.ac.id
4. BPLP (punya Dephub, yang membawahi AIP, P3B, Curug – Penerbangan)
5. Akademi DLLAJ
6. Akademi Agraria
7. Akademi Meteorologi dan Geofisika
8. Akademi-Akademi Kesehatan di bawah DepKes
9. PATIGAT (Gajah Tunggal)
10. Poltek SIEMENS

Tambahan: Perguruan Tinggi yang murah lainnya adalah STIS (Statistik) di jalan Otista Raya Jakarta Timur

Referensi:

http://www.profilptn-pts.com/saran-mempersiapkan-biaya-kuliah

http://www.suarapembaruan.com/News/2008/02/08/index.html

http://www.ui.edu/page/biaya-program-sarjana-reguler-id.html

Biaya Program Sarjana Reguler

Biaya Pendidikan
Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui seleksi PPKB, SNMPTN dan UMB adalah sama, ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan.

Jalur Penerimaan

Daya Tampung

BOP (per semester)

Uang Pangkal (semester 1 tahun 1)

PPKB

450

Disesuaikan dengan penghasilan penanggung biaya pendidikan :
  • Utk IPA Rp 100.000 s.d Rp 7.5 juta
  • Utk IPS Rp 100.000 s.d 5 juta

 

Rp 25 jt (FK, FKG, FT, Fasilkom)
Rp 10 jt (FE, FISIP, FH, FPSI)
Rp 5 jt (FKM, FIK, FMIPA, FIB)

Tersedia fasilitas Beasiswa

 

SNM-PTN

900

UMB

3318

 

Ditambah DKFM Rp. 100.000 per semester dan DPP Rp 600.000 sekali saja disemester 1 tahun

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/12/07453547/biaya.masuk.ptn.bisa.rp.100.juta.lebih

Biaya Masuk PTN Mencapai Rp 100 Juta Lebih

Kompas, Senin, 12 Mei 2008 | 07:45 WIB

JAKARTA, SENIN – Biaya masuk perguruan tinggi negeri bisa mencapai angka di atas Rp 100 juta, sementara setiap semester dapat mencapai Rp 70 juta. Tingginya biaya tersebut semakin memperkecil akses masuk ke pendidikan tinggi.

Demikian benang merah persoalan menyangkut biaya masuk perguruan tinggi negeri yang didapatkan Kompas dalam pencarian selama sepekan terakhir, mulai dari Jakarta (DKI Jakarta), Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), hingga Makassar (Sulawesi Selatan).

Besarnya biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) bergantung pada program yang diambil serta bidang ilmu yang dipilih. Program tersebut beragam dan berbeda antara satu PTN dan PTN lain. Bahkan, ada PTN yang membuka program internasional. Pada program ini, mahasiswa membayar biaya berlipat-lipat dibandingkan program reguler pada setiap semesternya.

Bagi para calon mahasiswa yang gagal masuk melalui program S-1 reguler lewat Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), hampir semua PTN yang dihubungi memiliki program non-SNMPTN. Biaya masuk program non-SNMPTN ini lebih tinggi dibandingkan jalur SNMPTN. Program non-SNMPTN ini pun berbeda antara satu PTN dan PTN lain, bahkan ada yang memiliki lebih dari lima program.

Bandingkan dengan biaya kuliah di National University of Singapore yang biayanya berkisar 9.540 dollar-27.350 dollar Singapura atau di Universitas Kebangsaan Malaysia yang memasang biaya 1.167 ringgit hingga 1.500 ringgit Malaysia.

http://bem.ui.edu/v1/?p=32#more-32

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA TENTANG BIAYA PENDIDIKAN

MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM SARJANA REGULER

TAHUN AKADEMIK 2008/2009

”………..

Beasiswa Universitas

Pasal 6

Beasiswa Universitas dapat diberikan kepada mahasiswa Program Sarjana Reguler yang memerlukan dan memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku.

Bentuk Beasiswa Universitas

Pasal 7

(1) Mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dapat memperoleh Beasiswa Universitas, dalam bentuk:

a. Pembayaran Biaya Pendidikan (BP)dengan angsuran;

b. Pemberian sebagian Uang Pangkal (UP) dari yang harus dibayarkan.

(2) Pemberian Beasiswa Universitas sesuai ayat (1) hanya berlaku untuk jangka waktu 1 (satu) semester.

(3) Keputusan Pimpinan Fakultas atas pemberian Beasiswa Universitas berlaku berjalan dan bersifat final.”

Persyaratan Untuk Mendapat Beasiswa Universitas

Pasal 8

Bagi mahasiswa yang memerlukan Beasiswa Universitas, wajib menyerahkan Surat Pernyataan penanggung Biaya Pendidikan (BP) di atas meterai secukupnya tentang penjelasan alasan permohonan disertai bukti-bukti pendukung sebagai berikut:

1. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW domisili penanggung Biaya Pendidikan (BP) diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, diutamakan yang memiliki Kartu Gakin;

2. Surat Keterangan Penghasilan Total/Slip Gaji penanggung Biaya Pendidikan (BP) bagi yang bekerja di sektor formal (instansi pemerintah atau swasta). Ketentuan Slip Gaji ini tidak berlaku bagi orang tua yang bekerja di sektor informal usaha sendiri yang tidak memiliki Slip Gaji;

3. Menyerahkan fotokopi NPWP (bagi yang memiliki);

4. Fotokopi rekening listrik (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan (BP) 3(tiga) bulan terakhir;

5. Fotokopi rekening telpon (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan(BP) 3(tiga) bulan terakhir;

6. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP penanggung Biaya Pendidikan (BP) yang masih berlaku;

7. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP orang tua/wali yang masih berlaku;

8. Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Pajak Bumi dan Bangunan penanggung Biaya Pendidikan (BP);

9. Surat pernyataan bermeterai cukup dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi penanggung Biaya Pendidikan (BP) mahasiswa dilengkapi fotokopi identitas diri; dan

10. Syarat-syarat lain yang ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas masing-masing.

Prosedur Untuk Mendapatkan Beasiswa Universitas

Pasal9

1. Mahasiswa mengisi formulir permohonan Beasiswa Universitas dan melengkapi persyaratan sesuai Pasal8.

2. Seluruh dokumen yang disyaratkan sesuai dengan ayat (1) di atas diserahkan kepada Manajer Kemahasiswaan atau pejabat yang ditunjuk oleh Pimpinan Fakultas sebelum periode registrasi administrasi dimulai.

3. Permohonan pada ayat (1) di atas akan dipertimbangkan dan ditetapkan bentuk beasiswanya oleh Pimpinan Fakultas setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan wawancara.

4. Jangka waktu permohonan, penetapan, dan pemutakhiran data Biaya Pendidikan (BP), selambat-lambatnya diselesaikan dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sebelum jadwal registrasi administrasi berakhir.

5. Jadwal registrasi administrasi, mengikuti ketentuan Kalender Akademik Universitas untuk tahun akademik berjalan.

oleh: Resa (Kominfo BEM UI, dikutip dari http://www.ui.edu)

SUMBER

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: