Kalah Adu Penalti, Inggris Raya Tersisih


LONDON – Mimpi tim nasional Inggris Raya meraih medali emas di depan pendukungnya sendiri terpaksa pupus. Tuan rumah tersingkir setelah kalah dalam drama adu penalti 6-5 (1-1) di babak perempatfinal dari Korea Selatan.

Bertanding di hadapan 73 ribu penonton yang memadati Stadion Wembley pada Minggu dinihari WIB tadi, Korea Selatan bermain tanpa beban. Negeri Ginseng bermain sabar ketika menguasai bola dan langsung menekan dengan dua-tiga pemain begitu kehilangan si kulit bundar.

Strategi ini membuahkan hasil. Korea Selatan sukses unggul lebih dahulu melalui tendangan di tepi kotak penalti dari penyerang yang bermain di Sunderland Ji Dong-Won pada menit ke-29.

Keunggulan Korea Selatan tidak bertahan lama. Enam menit kemudian Inggris Raya berhasil menyamakan kedudukan lewat titik putih setelah Oh Jae-Suk handball.

Eksekusi Aaron Ramsey berhasil menaklukan Jung Song-Ryong. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1 pada menit ke-35.

Penalti kembali dihadiahkan wasit kepada Inggris Raya tiga menit kemudian usai Daniel Sturridge dijatuhkan di kotak terlarang. Pemain-pemain Korea sempat protes tapi tak diindahkan wasit.

Sayang, Ramsey yang kembali dipercaya menjadi eksekutor penalti kali ini gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan gelandang Arsenal berhasil ditepis Jung Song-Ryong pada menit ke-40.

Kedudukan pun tetap 1-1 saat turun minum. Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-60, terjadi insiden antara Jung Song-Ryong dengan Micah Richards. Keduanya pun diganti oleh Lee Bum-Young dan Craig Dawson.

Pergantian pemain ini tidak mengubah alur pertandingan yang berjalan lambat. Inggris Raya gagal mengonversi keunggulan penguasaan bola mereka menjadi gol atau peluang berbahaya.

Justru Korea Selatan-lah yang nyaris mencetak gol pada menit ke-83 andai sundulan Ji Dong-Won tidak melebar tipis di samping gawang Jack Butland. Laga pun terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada 30 menit tambahan ini, Inggris Raya tetap kesulitan membongkar pertahanan rapat Negeri Ginseng. Baik Tom Cleverly, Ramsey, hingga Sturridge tak mendapat ruang yang cukup untuk melakukan shoot on goal.

Pemenang pun mesti ditentukan melalui drama adu penalti. Empat penendang pertama dari kedua tim berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Ramsey, Cleverley, Dawson, Giggs dari Inggris Raya dan Koo Ja-Cheol, Baek Sung-Dong, Hwang Seok-Ho, serta Park Jong-Woo dari Korea Selatan sukses menjebol jala lawan.

Sturridge yang menjadi penendang kelima akhirnya menjadi pesakitan setelah eksekusinya berhasil diselematkan kiper pengganti Lee Bum-Young. Gelandang Glasgow Celtic Ki Sung-Yueng akhirnya sukses menaklukan Butland.

Selanjutnya, di semifinal Korea Selatan akan menghadapi Brasil pada Rabu dinihari WIB lusa.
(auz)

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: