Senar dan Penalaan (Tuning) Bass


Gitar bass mempunyai empat senar, yang biasanya ditalakan dalam bentuk G-D-A-E, G-D-A-D, G-D-G-D, D-A-E-B, D-A-D-B. Biasanya, pola ini dipakai untuk musik underground.

Untuk gitar bass yang mempunyai lima senar, biasanya ditalakan ke dalam bentuk G-D-A-E-B, tapi terkadang C-G-D-A-E. Gitar bass dengan enam senar, biasanya ditalakan ke dalam bentuk A-B-C-D-E-F atau C-G-D-A-E-B, walaupun E-B-G-D-A-E juga suka dipakai.

Penalaan tersebut diurutkan berdasarkan nomor senar(senar 1, senar 2, dan seterusnya). Senar 1 adalah senar yang paling bawah dari gitar bass(senar yang paling tipis).

Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar ataupun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass yang mempunyai enam senar jarang dipakai daripada bass yang mempunyai senar empat dan lima. Biasanya, bass yang mempunyai senar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran Jazz, walaupun tidak dipungkiri pemain beraliran rock juga ada juga yang memakainya. Hal ini dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: