Kolom Gitar dan Stem Gitar Yang Standar


Munculnya nada atau bunyi pada gitar berasal dari senar yang telah dibuat sedemikian rupa, selanjutnya akan muncul berbagai nada. Untuk mendapatkan berbagai nada, gitar harus terdapat kolo(fret)., yang menjadi petunjuk untuk membedakan nada yang satu dengan nada yang lainnya. Kolom gitar sangat banyak. Meskipun kelihatan tampak sama, akan tetapi mempunyai nada yang berbeda.

Sebuah kolom gitar minimal satu oktaf untuk mencakup semua nada dan melodi yang akan Anda mainkan. Sehingga, jika sebuah gitar terdapat kurang satu oktaf maka yang demikian tidak dapat memenuhi tuntutan ndada yang banyak.

Setiap kolom gitar memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Satu kolom dengan lainnya saling mendukung untuk kesempurnaan sebuah nada, dan satu kolom dengan lainnya memiliki tingkatan nada yang berbeda juga.

Semakin tinggi sebuah nada maka kolom yang kita pakai dalam gitar juga semakin ke arah depan. Begitu juga sebaliknya, jika ke belakang maka semakin rendah nada yang kita dapatkan. Hal ini tentunya berlaku bagi satu senar gitar saja.

Nada standar internasional yang telah disepakati oleh semua ahli dalam bidang nada adalah untuk nada A dengan frekuensi 440 Hz (hertz). Dengan demikian, dalam mengukur nada standar ini, Anda bisa menggunakan macam cara. Misalnya, Anda bisa menggunakan sebuah garpu tala, atau alat musik lain sebagai perbandingan, bisa dengan piano/keyboard.

Salah satu cara untuk membuat dan mendapatkan nada yang standar dari enam senar yang ada pada gitar adalah senar harus menghasilkan nada E. Senar 5 harus menghasilkan nada A. Samakan dengan nada senar 6 yang ditekan pada fret ke-5. Senar 4 harus menghasilkan nada D. Samakan dengan nada senar 5 yang ditekan pada fret ke-5. Senar 3 harus menghasilkan nada G. Samakan dengan nada senar 4 yang ditekan pada fret ke-5. Senar 2 harus menghasilkan nada B. Samakan dengan nada senar 3 yang ditekan pada fret ke-4. Senar 1 harus menghasilkan nada E. Samakan dengan nada senar 2 yang ditekan pada fret ke-5.

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: