Perbedaan Piano dan Keyboard


Kalau dilihat sepintas antara piano dengan keyboard memang tidak jauh berbeda. Keduanya mengandalkan tuts yg sma. Hnya saja, ada bbrapa perbedaan mendasar yg bisa menentukan kemahiran/skill pemainnya. Pertama, piano tdk akan berbunyi jika tdk akn dipukul dgn jari yg bertenaga. Hal ini menyebabkan piano digolongkan sbagai alat musik pukul (perkusi). Bandingkan dgan keyboard yg dipencet sedikit saja sdh berbunyi. Jemari tgan juga tdk membutuhkan tenaga ekstra utk membunyikannya. Keuntugannya adlh dgn belajar piano, akan membentuk oto-otot jari yg lebih kuat & terlatih.

Pemain piano juga akan lebih mudah membunyikan tuts piano atau keyboard dibandingkan dgan pemain keyboard yg akn merasakan bahwa tuts piano terlalu berat dimainkan daripada tuts keyboard. Hal ini akn membuat jemari pemain keyboard terasa pegal jika memainkan piano. Kedua, pemain piano akn memiliki kemampuan scaling jemari tangan kiri sama baiknya dgan yg kanan. Karena tangan kiri pemain piano tdk hanya memainkan block chord (not yg membentuk akord dimainkan ditekan secara bersamaan), tp juga arpeggio chord (not-not dlm chord dimainkan bergantian). Bukan hanya itu, tangan kiri pemain piano juga diharuskan bisa memainkan scale atau titip nada sama baiknya dengan tangan kanannya.

Bandingkan dengan pemain keyboard yg jemari tangan kirinya hanya bisa memainkan black chord dan hanya mengandalkan tangan kanan untuk memainkan melodi. Sehingga, utk memainkan keyboard, seorang pianist akn lebih mudah memainkannya dibanding dgn seorang keyboardist yg disuruh bermain piano pasti akn mengalami kesulitan, terutama pada jemarinya akan lebih terasa kuat utk menekannya. Jadi, belajar piano lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan belajar keyboard…

Sekian terima kasih, jika ada kata-kata yg kurang mengenakan bagi anda, mohon di maafkan yea :) .. Karena sejatinya manusia gak ada yg sempurna.. Semoga bermanfaat :D

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

4 Responses to Perbedaan Piano dan Keyboard

  1. abedsaragih mengatakan:

    Terima kasih sobat udah berbagi. :)

  2. Irfan Handi mengatakan:

    Saya hanya bisa mainin keyboard PC saja. :-)

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.448 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: