Makna Lagu-lagu Blink-182 di Album ‘Neighborhoods’


Udah hampir 4 bulan album ‘Neighborhoods’ rilis, tapi belum ada nih yang mau ngasih makna atau arti dari lagu-lagunya Smile

Mumpung lagi gak ada kerjaan, saya coba bikin topik ini. Iseng-iseng sambil memahami liriknya juga hehehe. Langsung aja.

Ghost on the Dance Floor
Tentang sebuah tempat dimana kita mendengarkan sebuah lagu dan lagu tersebut mengingatkan kita tentang seseorang yang telah meninggalkan kita, namun seakan-akan orang tersebut benar-benar sedang bersama kita di tempat itu. Dijelaskan di kalimat “If I never leave this dance floor, I’ll never leave you here.” Bisa juga tentang sekilas perasaan takut akan kehilangan seseorang/sesuatu.

Natives
Lagu ini adalah tentang sebuah keluarga yang bermasalah. Orang tua kita selalu memarahi kita walaupun kita sudah melakukan hal yang benar. Lagu ini tentang perasaan seorang anak yang merasa tidak butuh hidup lagi karena perlakuan dari orang tuanya tersebut (I’m just a bastard child, don’t let it go to your head. I’m just a waste of your time, maybe I’m better off dead.)

Up All Night
Lagu ini bercerita tentang sebuah perjuangan dan rintangan-rintangan (demons) yang kita hadapi dalam menjalani hidup sehari-hari. (Do you want me here? As I struggle through, each and every year. And all these demons, they keep me up all night.)

After Midnight
Ini adalah lagu cinta yang menceritakan sebuah hubungan yang terus menerus berantakan (It’s the longest start, but the end’s not too far away) dan kerinduan satu sama lain ketika mereka berpisah (I can’t find the best in all of this, but I’m always looking out for you ’cause you’re the one I miss.), meskipun mereka tahu alangkah lebih baik jika mereka tidak bersama lagi.

Snake Charmer
Seperti yang dikatakan Tom pada beberapa wawancara, lagu ini menceritakan tentang Adam dan Hawa (Eve). Diceritakan Eve sebagai ‘good girl that like to sin‘ yang mempengaruhi Adam untuk memakan forbidden fruit. Selain itu lagu ini juga bercerita tentang seks. Dijelaskan di kalimat “She creeps up like a spider, and wants you deep inside her.”

Heart’s All Gone
Sebuah lagu yang liriknya terkesan sarkastik tentang seseorang yang menyadari bahwa dia telah dibodohi dan ditipu oleh seseorang yang pernah dekat dengannya. Dijelaskan di line: “You seemed so sweet at the start but the start’s all wrong. You say you speak from your heart but your heart’s all gone.”

Wishing Well
Lagu ini menyiratkan tentang kembalinya blink-182. Secara umum, lagu ini bercerita tentang seseorang yang meninggal dan menyadari bahwa lebih enak jika kembali hidup lagi, jadi dia berusaha keras untuk kembali (hidup). Digambarkan di line “I caught a short ride to the grave and back this season.” Makna tersiratnya adalah Tom yang merasa lebih baik jika dia keluar dari blink, tapi kemudian dia menyadari bahwa reuni inilah yang dia butuhkan.

Kaleidoscope
Lagu ini bercerita tentang perasaan stress dan depresi di dalam studio selama proses rekaman, ditambah hal-hal yang mengganggu pikiran mereka, seperti tidak adanya sosok Jerry Finn yang membimbing mereka. Pada kalimat “No reason. No action. No silence. No help here. Nobody came running up by my side.” Tergambar jelas mereka sebenarnya butuh bantuan dari Finn, tapi kenyataannya mereka tidak bisa meminta tolong apa-apa.

This is Home
Menurut saya, lagu ini bercerita tentang kondisi scene punk di US sekitar akhir 90-an. Diceritakan punk pada masa itu yang masih liar dan memberontak. Kalau mau dihubung-hubungi, lagu ini bisa juga tentang kembalinya blink. Blink adalah rumah mereka. Di sinilah sebenarnya mereka ingin tinggal dan menetap.

MH 4.18.2011
Lagu ini menceritakan tentang usaha untuk mengatasi kesulitan dan keluar dari kekangan pengalaman buruk di masa lalu (stop living in the shadow of a helicopter). Namun setelah di cek, 18 April 2011 adalah tanggal dimana blink-182 mengumumkan pembatalan tur Eropa 2011. Mark terlihat sangat kecewa saat itu. Mungkin rasa frustrasi itulah yang menjadi halangan. Dan mereka mencoba sabar dan bertahan saat cobaan besar tersebut menerpa mereka.

Love is Dangerous
Ini sebenarnya merupakan lagu cinta yang sedih dan maknanya sudah dijelaskan dari judulnya. Cinta bisa memanipulasi diri kita, mempengaruhi cara mengambil keputusan, dan mempengaruhi hubungan kita dengan orang yang peduli dengan kita. (Here it comes, don’t be fooled when she says it. We’ll betray the ones we care about.)

Fighting the Gravity
Lagu ini adalah tentang perasaan yang sangat berat melepaskan kepergian seseorang yang kita sayangi (When I’m beat and defeated, they’ll take you away from me). Di 182Online, saya pernah baca katanya lagu ini ditulis setelah neneknya meninggal dunia. (Tomorrow’s just a darkened hall to an empty room, when I’m far away from you.)

Even if She Falls
Sebuah lagu cinta yang sedih yang menceritakan sesorang yang jatuh cinta terlalu dalam dengan seorang perempuan. (Always sharp and cold. Always beautiful. I am such a fool.) (When, the night will begin, the pain it won’t end even if she falls in love.)

Silakan, mungkin ada yang punya interpretasi lain dari lirik-lirik di album ini? Very Happy

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

2 Responses to Makna Lagu-lagu Blink-182 di Album ‘Neighborhoods’

  1. Annisa cindy kusuma mengatakan:

    Bikinin q lagu donk dan q minta nrm hp kakak ea plies

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: