Cara Mengurangi Demam Panggung


Demam Panggung

Virus demam panggung memang lumrah ada pada orang yang pertama kali manggung, yang sudah biasa manggung pun mungkin akan kembali merasakan demam panggung untuk kesekian kalinya jika sudah lama tidak menginjak panggung. Bahkan yang sering banget manggung juga bisa saja mengalami demam panggung. Seperti saat bermain untuk acara yang menurutnya penting (besar), tapi saya rasa demam panggung seharusnya bisa kita minimalkan.
Demam panggung bisa kita minimalkan dengan cara mengetahui apa yang membuat kita demam saat manggung. Apakah kita masih jelek mainnya, kostum kurang bagus, baru pertama kali manggung, ada orang jago yang lihat perform kita, jurinya artis, penontonnya banyak atau bla bla bla……!!!
Di sini saya akan share beberapa tips untuk mengurangi demam panggung anda.
Inilah beberapa tips dari saya :
  • Persiapkan materi yang akan kita bawakan karena kurangnya persiapan bisa menyebabkan kita ragu dan bukan tidak mungkin kita akan melakukan kesalahan yang memalukan.
  • Tenangkan diri anda sesaat sebelum naik ke panggung dengan berdoa dan mengambil nafas dalam-dalam dan hembuskan lewat mulut (seperti uya kuya ya hehee). Cara ini sudah terbukti karena dengan berdoa dan mengambil nafas dalam-dalam dapat menurunkan emosi kita, tubuh dan pikiran pun serasa plong.
  • Minum saat mau manggung…eittt bukan mabuk-mabukan tapi air putih yang segar dan basuhlah muka anda dengan air itu. Air bisa menghilangkan rasa galau dan panik (untuk yang muslim berwudhu).
  • Jangan sekali-kali anda manggung dalam keadaan mabuk. Mungkin ada orang yang mengatakan dengan mabuk kita tidak akan merasa grogi. Tapi anda akan di anggap tidak punya nyali (mental tempe). Anda mau? manggung aja kok repot amat…biasa aja kali.
  • Anda bisa berdiri sambil lompat-lompat kecil yang bertujuan untuk membuat badan rileks.
  • Waktu di panggung, jangan takut melihat ke arah penonton karena itu dapat mengurangi nilai performance anda. Lihat saja, tapi dengan catatan hilangkan fokus (biarkan pandangan anda kosong) muka tetap kedepan.
  • Waktu di panggung anggap saja andalah yang paling jago dan yang paling baik di jagat raya ini.
    Tetapi hilangkan pikiran seperti itu saat anda turun kembali dari panggung karena pikiran seperti itu bisa membuat kita tidak bisa berkembang lagi (terapkan saat di panggung saja biar anda pede).

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: