Teknik dan Cara Muting Gitar (Palm-Muting)


Teknik muting (mematikan suara) setelah kita memainkan satu not ke not berikutnya adalah hal yang jarang sekali di perhatikan. Tak heran kenapa orang bule lebih bisa main bersih ketimbang orang Indo karena malasah pada teknik yang sering di sebut “Palm-Muting” ini. Pada dasarnya kelihatan sangat mudah dan simple namun untuk prakteknya saya rasa butuh waktu yang relatif lama. Saya sendiri belum bisa menggunakannya dengan baik hehee…makanya mainnya masih aja keliatan kotor.

Cara muting ada beberapa bentuk :

  1. Dengan menggunakan sisi telapak tangan kanan. (Seperti gambar di atas)
    Cara ini banyak di gunakan para master gitar seperti Yngwie dan Paul Gilbert.
  2. Menggunakan jari tangan kiri.
    Yaitu seletah kita menekan satu nada tidak mengangkat jari terlalu tinggi, kalo bisa jari masih agak nempel saat kita memainkan nada berikutnya.
  3. Dengan ibu jari tangan kanan.
    Logikanya senar yang kita tekan akan lebih rendah (lebih deket sama fretboard) dari senar yang tidak kita tekan. Jadi Ibu jari mengambil alih atas picking yang kita gunakan.
  4. Dengan kain atau apa saja yang bisa meredam suara senar.
    Caranya di ikatkan di ujung fret dekat fret pertama. Cara ini mungkin adalah cara yang paling mudah namun kelemahannya kita tidak bisa main dengan senar lepas karena tentu senar lepas akan teredam juga akibat kain tadi. Tapi jika kita yakin tidak perlu menggunakan senar lepas maka gunakan saja cara ini di jamin bersih gak ada tuh gaung2 aneh heheee. Andy James sering menggunakan cara ini.

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want.

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: