ISTILAH DALAM BISNIS ONLINE


Kamus istilah bisnis online di bawah ini saya ambil dari berbagai sumber dan beberapa referensi, untuk melengkapi kekurangannya silahkan rekan-rekan kasih masukan  terkait istilah bisnis online :

  1. Reseller : Penjualan kembali atau orang yang melakukan penjualan dari produk orang lain melalui website mereka dengan satu kesepakatan. Biasannya reseller akan memiliki website bayangan atau replika yang persis sama dengan website utama tetapi dengan kode refferal yang berbeda. Apabila terjadi penjualan melalui website replika tersebut, maka reseller akan mendapatkan komisi.
  2. Referer atau Referal : Referesi mengenai suatu produk atau informasi suatu website Bisnis, biasanya berupa link web reff.
  3. Afiliasi : Anda bergabung di sebuah website, dan anda menjadi bagian dari pemasar produk yang terdapat pada website tersebut, dan anda juga berhak atas komisi penjualan yang sudah di tentukan. Biasanya anda akan mendapatkan sebuah link khusus
  4. Sponsor : Orang yang mengajak/memperkenalkan kita pada suatu produk/Bisnis online.
  5. Downline : Orang yang diberi referensi mengenai suatu produk atau informasi suatu website. Bisa juga disebut orang yang diajak utuk bergabung pada suatu program. Dalam bisnis posisi downline selalu dibawah.
  6. Master Resell Rights : Suatu produk yang boleh dijual kembali. Penjual memiliki hak yang sama kepada konsumen lain. Produk tersebut bisa berupa software, ebook, program, atau produk lain.
  7. Private Label Right :  Produk yang isinya boleh anda edit, lalu anda jual dan konsumen anda bisa anda berikan lisensi Private Label Rights, Master Resell Rights, Resell Rights, terserah Anda. Produk dengan lisensi Private Label Rights, haruslah menyertakan source code-nya jika itu software. Jika produk tersebut berupa eBook, maka anda akan di beri file .doc / .txt. biasanya, produk dengan lisensi ini memberikan ijin kepada anda, untuk mengakui bahwa produk tersebut buatan anda (tergantung kepada pembuatnya).
  8. Branding Rights : Hak untuk melakukan perubahan nama termasuk merubah url website dan link afiliasi suatu produk dengan milik anda sendiri.
  9. Subscribe : Berlangganan.
  10. Unsubscribe : Berhenti berlangganan.
  11. Autoresponder : Program untuk menjawab atau mengirim email secara otomatis baik secara periodik atau tidak dimana pengirim email akan disatat pada database. Pengirim email tersebut disebut Lead.
  12. Autosurf  : adalah program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun anda di wajibkan untuk membuka web site klien mereka setiap hari (banner / iklan).
  13. Ebook : Elektronik Book, suatu buku yang hanya bisa diakses menggunakan komputer baik secara online ataupun off line. Buku ini biasanya dibuat dalam format PDF atau script khusus sehingga pembaca dapat membaca buku ini seperti membaca buku dalam dunia nyata.
  14. E-Zine : Electronik Magazin, hampir sama dengan ebook tetapi dengan format seperti majalah yang hanya bisa dibaca menggunakan komputer.
  15. Paypal : Program pembarayan online yang sah dalam berbagai mata uang di dunia (tetapi untuk rupiah belum ada). Seseorang dapat menerima atau mentransfer uang dalam hitungan detik dengan paypal yang verified. Untuk memverifikasi Paypal agar bisa melakukan transaksi atau mencairkan uang ke dalam bank lokal adalah dengan kartu kredit, Pada saat verifikasi uang anda akan diambil USD 1,95 dan dalam waktu max 48 jam uang tersebut akan dikembalikan pada account paypal. Account paypal ini menggunkanan alamat email bukan nomor seperti rekening bank.
  16. Alertpay : Program pembayaran online seperti paypal hanya saja proses pendaftarannya harus mencantumkan data-data pribadi kita seperti KTP, PBB, Rekening Listri, dan surat keterangan lainnya yang di-scan sebagai validasi data yang diperlukan. Pecairan hanya bisa dilakukan melalui Check.
  17. MOQ : Minimum Order Quantity, Jumlah minimal pemesanan suatu produk.
  18. E-gold: Pembayaran digital sah yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia.
  19. FOB (Free on Board) , Istilah perdagangan yang mengharuskan penjual untuk memberikan barang-barang di atas kapal sebuah kapal yang ditunjuk oleh pembeli. Penjual memenuhi kewajibannya untuk menyampaikan saat barang telah melewati pagar kapal.
  20. Giveaway Right : Anda di izinkan untuk memberikan produk tersebut kepada orang lain, tetapi orang lain tersebut tidak boleh menjualnya.
  21. Invoice : Biasa disebut juga dengan Faktur Penjualan yaitu suatu dokumen yang berisi tentang pernyataan tagihan kepada customer.
  22. L/C (Letter of Credit) : Suatu system pembayaran internasional yang memungkinkan eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen yang dikirimkan keluar negeri (kepada pemesan). beberapa type diantaranya: LC at Sight, Back to Back L/C, Red Clasue LC, dsb.
  23. Packing List : Suatu dokumen yang menjelaskan details barang; seperti berat, quantity, dan rincian barang lainnya.
  24. SNI : Standard Nasional Indonesia.
  25. Packaging : Kemasan suatu produk
  26. Packing : Pengepakan suatu produk
  27. Shipping Pee : Biaya pengiriman.
  28. Delivery Time : Waktu yang diperlukan untuk sampainya suatu prooduk ke konsumen.
  29. Inquiry : Permintaan tertulis dari konsumen atau calon konsumen mengenai suatu produk dengan data-data yang lengkap sesuai product catalogue yang sesuai dengan pemilik produk tersebut.
  30. Cost : Biaya
  31. Price List : Daftar harga suatu produk
  32. Manufacturer : Pabrik/ Pembuat
  33. Brand Name : Merk Produk
  34. Supply Ability : Kemampuan atau kapasitas maksimal yang bisa diproduksi untuk suatu produk misalnya 1000 unit / bulan, 100 buah / hari dan sebagainya.
  35. Company profile : Data-data lengkap mengenai perusahaan termasuk nama perusahaan, alamat, telpon, website, email, dan sebagainya.
  36. Order : Pesan.
  37. Deal : Sepakat
  38. Showroom : Gallery suatu produk yang memperlihatkan foto, harga, deimensi, kode, dan sebaginya.
  39. Testimonial : Kesaksian pengguna untuk mendeskripsikan pengalaman mereka pada suatu produk
  40. PO (Purchase Order) : Surat resmi untuk memesan suatu produk.
  41. Employees : Pekerja atau karyawan.
  42. QC : Quality Control.
  43. Payment : Pembayaran.
  44. Business Type : Bidang Usaha misalnya suplier, manufature, service, dan sebagainya.
  45. Annual Sales Volume : Omset penjualan atau pendapatan dari hasil produksi pertahun dalam nilai mata uang misalnya USD 1.000 / year.
  46. Job Title : Jabatan dalam perusahaan.
  47. Approval Pending : Penundaan persetujuan.
  48. B2B (Back to Business) : Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan bagi bisnis lain
  49. B2C (Back to Consumers) : Bisnis yang menjual produk atau layanan kepada konsumen sebagai pengguna akhir.
  50. CTR (Click Through Rate) : Jumlah rata-rata klik perseratus melalui iklan tayangan yang dinyatakan dalam persentase
  51. CPC (Cost Per Click) : Jumlah biaya yang akan dibayar sesuai jumlah click sah yang terjadi.
  52. PTR, PTC, PTS Program : Adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay To Signup. ini adalah program dari web site pemasang iklan. Mereka menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email, mengklik iklan banner atau mendaftar pada suatu web site.
  53. Free : Gratis, Bebas biaya
  54. Balance of Trade: Perbedaan antara nilai barang dan jasa yang dijual kepada bangsa asing (ekspor) dan nilai dari barang dan jasa yang dibeli dari negara-negara asing (impor) dalam suatu periode tertentu.
  55. Bar Code : Kode dalam bentuk garis dan spasi yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah produk dengan termasuk spesifikasi, ukuran, harga, kualitas, kuantitas, dan lain-lain, dibaca oleh perangkat scanning.
  56. Basic Stock : Persediaan yang diperlukan untuk memenuhi standar pelayanan yang diinginkan dengan mempertimbangkan tingkat yang diharapkan.
  57. Billing : Jumlah uang yang dibelanjakan untuk membeli oleh media periklanan atas nama klien.
  58. Black Money : Pendapatan yang diterima oleh seorang individu atau perusahaan yang tidak resmi dan tercatat untuk tujuan perpajakan
  59. Competitors : Pesaing yang menjual atau menawarkan produk dengan type yang sama.
  60. Budget : Perkiraan rencana pendapatan dan pengeluaran dari jumlah yang dibutuhkan dan tersedia untuk melaksanakan kegiatan usaha yang direncanakan.
  61. Cash Flow : Uang yang diperlukan oleh suatu perusahaan untuk memenuhi pengeluaran dalam suatu periode tertentu.
  62. Catalogue : Daftar itemproduk yang disusun dengan deskripsi dan harga.
  63. Class Rate : Standar biaya untuk pengiriman barang oleh jasa pengangkut.
  64. Conpensation : Upah yang diterima sebagai hasil kerja yang dilakukan.
  65. Customer Service : Berbagai kegiatan untuk melayani pelanggan termasuk penerimaan barang dan jasa yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka yang paling efektif dan efisien.
  66. HYIP : adalah singkatan dari High Yield Investment Program. cara kerjanya adalah, Anda menaruh sejumlah uang / dana kepada sebuah web site yang menjanjikan keuntungan sekian persen / bulan atau per hari.
  67. Quota : Pembatasan apapun yang dikenakan oleh undang-undang pada jumlah produk yang dapat diproduksi atau diimpor sebagai bentuk proteksi.
  68. Payback Period : Waktu yang dibutuhkan produk baru untuk memulihkan biaya investasi dan untuk menghasilkan keuntungan, digunakan sebagai ukuran kinerja.
  69. Personal Income : Upah, gaji, dan sebagainya yang diterima oleh individu.
  70. Earning : Pendapatan atau penghasilan
  71. PR : Public Relation.
  72. Price Fixing : Perjanjian atau kerjasama antara pesaing disalam menetapkan  “harga tetap” tertentu untuk menghindari persaingan.
  73. Prototype : Sampel atau versi awal produk baru yang dibuat khusus untuk ujicoba.
  74. Purchace Intentions : Kemungkinan bahwa konsumen akan membeli produk tertentu yang dihasilkan dari interaksi kebutuhan untuk itu, sikap, dan persepsi terhadap perusahaan yang menghasilkan produk itu.
  75. Off-Price Retailer : Sebuah toko eceran yang mengkhususkan diri pada produk dengan merk terkemuka dan membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali dengan harga diskon.
  76. Opportunity Cost : Nilai kehilangan manfaat dengan memilih salah satu alternatif atas yang lain
  77. Samples : Produk percontohan yang biasanya dibagikan secara gratis kepada calon pembeli untuk mempromosikan pembelian diwaktu mendatang.
  78. Sell-Off Period : Durasi tertentu promosi penjualan, waktu dari peluncuran promosi penjualan sampai akhir penawaran khusus.
  79. Shipping Packaging : Kemasan luar suatu produk yang dikemas untuk penyimpanan dan transportasi.
  80. Warranty : Jaminan oleh suatu perusahaan bahwa produk akan diperbaiki atau diganti atau harga pembelian dikembalikan apabila produk tersebut catat atau rusak.
  81. Wholesaler : Perantara pemasaran yang terlibat dalam membeli dari produsen dalam jumlah besar untuk menjual kembali kepada pengecer atau pembeli industri dalam jumlah yang lebih kecil.
  82. World Brand : Merek global, sebuah merek yang menjual di berbagai negara. Sebagai contoh, Coca-Cola, McDonald’s, Marlboro, dan sebaginya.Face-to-Face Selling : Situasi penjualan di mana penjual dan pembeli bertemu langsung (tanpa melalui telepon atau surat) untuk melakukan bisnis.
  83. Fitures : Karakteristik khas dari suatu produk yang digunakan seperti konstruksi, desain, warna, atrribut, dan sebaginya.
  84. Full-Cost-Pricing : Strategi penetapan harga di mana semua variabel yang relevan dengan produk tersebut, biayanya diakumulasi buntuk menetapkan harga jual.
  85. Scam : kondisi dimana seorang admin Bisnis Online tidak membayar lagi bonus/profit di bisnis online miliknya, bahasa kasarnya membawa lari dana member/nasabah.
  86. Spam / Spaming : adalah kegiatan mengirimkan email ilegal kepada pihak yang tidak mengharapkan menerima email tersebut, spaming merupakan kegiatan marketing yang sangat dilarang dan mempunyai peraturan undang-undang yang jelas.
  87. Safelist : adalah kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain.
About these ads

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want. └►I love #Punk, I was Green Daze of Indonesia..My band favorite is Green Day, Blink182, Sum41, SID, Metallica, etcε˘`) ♡ (ʃƪ^▿^)

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.446 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: