Tips Bermain Melodi Gitar dan Trik Belajar Melodi


Yamaki YB-500

Yamaki YB-500 (Photo credit: rockheim)

Belajar Melodi membutuhkan feeling dan insting yang kuat untuk mendapatkan nada yang harmoni. Kekuatan melodi bukan hanya pada skill, tetapi juga terletak pada kekuatan harmoni nada yang dibuat yang dipadukan dengan perpaduan teknik  yang bermacam-macam, serta dengan feel dan insting yang baik sehingga melodi memiliki karakter. Berikut  adalah beberapa tips dalam bermain dan trik belajar gitar melodi.

1. Setiap saat, Anda harus mempunyai kemauan yang kuat untuk selalu berlatih segala hal yang berkaitan dengan gitar.

2. Anda harus memiliki fasilitas yang cukup untuk mendukungnya. Misalnya, memiliki gitar, buku, kamus kord, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan gitar.

3. Anda harus belajar tentang scale-scale mayor dan minor. Selanjutnya, pelajari dan latih jari-jari Anda agar bisa bermain lebih cepat dan bersih. Setelah itu, Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk mendengarkan koleksi album instrumen, serta banyak mendegarkan lagu-lagu sehingga permainan Anda memiliki referensi yang kuat.

4. Harus memilih lagu-lagu yang memiliki tempo yang agak lambat (slow), sekedar untuk melenturkan dan melatih kecepatan jari Anda. Anda harus mencoba mengeksplorasi Chord mayor dan minor, kemudian pelan-pelan Anda akan familiar menggunakannya pada gitar.

5. Anda harus belajar dari orang lain yang memiliki kemampuan lebih baik dari Anda. Selanjutnya, sesuatu yang telah Anda amati, langsung dipraktikkan dengan intensif sampai betul-betul bisa.

6. Sharing dengan orang yang memiliki wawasan luas dalam hal gitar. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan pengetahuan tentang banyak hal, misalnya teknik dan proses.

7. Bagi Anda yang belajar gitar sendiri atau otodidak, harus memiliki banyak koleksi buku seputar musik dan gitar. Beberapa pengetahuan dari buku jugabanyak membantu Anda semakin matang dalam bermain gitar.

8. Mendengarkan musik dari berbagai aliran juga akan membantu Anda memproleh berbagai informasi dan teknik lain. Hal itu bisa
Anda lakukan dan mencoba sendiri di rumah.

9. Untuk menjadi gitaris yang andal, Anda harus memiliki banyak waktu sebagai latihan. Oleh karena itu, Anda harus latihan minimal 3 sampai 4 jam.

10. Senam jari yang konsisten. Senam jari bisa Anda lakukan selama 30 menit setiap hari. Anda dapat memainkan melodi apa saja untuk senam jari hari ini. Akan tetapi, pada beberapa gitaris andal, ada cara-cara khusus sehingga Anda hanya tinggal mengikutinya saja.

11. Anda harus bisa menguasai picking dan sweeping. Teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melodi apa pun bentuknya. Jika Anda sudah lancar dengan kedua teknik ini, selanjutnya akan lebih mudah untuk menguasai melodi apa pun dan dengan teknik apa pun.

12. Untuk peralatan penunjang, misalnya pick. Sebaiknya, Anda memilih pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, agar teknik picking yang Anda hasilkan bisa lebih bersih. Alat sekecil itu juga berpengaruh pada hasil melodi, kecuali Anda nyaman menggunakan dengan bentuk pick kecil maupun besar. Ini tergantung pilihan Anda.

13. Mencoba untuk membuat lagu sendiri dengan membuat instrumen yang lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi Anda semakin meningkat.

Sekian tips dari saya =)
Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian ^_^

About these ads

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want. └►I love #Punk, I was Green Daze of Indonesia..My band favorite is Green Day, Blink182, Sum41, SID, Metallica, etcε˘`) ♡ (ʃƪ^▿^)

17 Responses to Tips Bermain Melodi Gitar dan Trik Belajar Melodi

  1. Fandy syahputra mengatakan:

    Tolong ajarin saya kunci dasar melodi.

    Contohnya :kunci c berada di tali nomor berapa dan di kolom yang mana.

    Pliizzz ya tolong tunjukin

  2. abidzar mengatakan:

    oke bangettttttt

  3. tomi mengatakan:

    mas brow aq ingin tahu caranya supaya maen gitar itu bisa bersih dan suaranya enak di dengar itu gimana? lo mslh speed udh lumayan tp kx suaranya g bersih y?

  4. Dedxy Mulia mengatakan:

    mau tanya saya sudah sering latian sweeping…..gmna cra byar bersih sweeping… kalau suara efek ampli ato efek gitar mempengaruhi? thx

  5. irham mengatakan:

    bos
    gmana cranya kita main improv misal dkuci am g selama 5 mnit
    tp ntr nda yg dmainkan bisa diulang lg dg sama,,
    tu gmana tkniknya bos
    thank

  6. panglongman mengatakan:

    susah juga main gitar…kagak kencang2 picking ane…

  7. dian regizter mengatakan:

    info yg super ajip2 gan…? salam suksez… :)
    THE FLUFFY SATU HATI

  8. dian regizter mengatakan:

    download musik indie mjk gan….
    http://thefuffy.blogspot.com :D

  9. Ishak slash mengatakan:

    Kunci C terletak di senar 1 freet yg ke 8

  10. Ishak slash mengatakan:

    Kunci C terletak di senar 1 freet yg ke 8 gan.

  11. rayjohans mengatakan:

    Salam kenal…izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dlm berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, silahkan kunjungi http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.446 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: