Teknik Bermain Double Pedal Drum


Untuk bermain double pedal, sebaiknya Anda harus mempelajari dulu teknik ber-double pedal, sehingga Anda mengetahui kegunaan teknik ini. Double pedal berguna menjaga stamina Anda saat bermain drum dalam permainan beat yang cepat. Sehingga, Anda perlu mengetahui posisi kaki yang tepat pada pedal drum.

Ada dua teknik menginjak pedal, yaitu beel up(tumit diangkat) serta beel down(tumit tidak diangkat). Namun, yang dipakai dalam double pedal adalah teknik beel up(tumit diangkat).

Injakkan kaki Anda hendaknya berada pas di tengah pedal agar stamina lebih terjaga. Sebab, bermain double pedal sangat berpengaruh pada permainan beat yg lebih cepat. Posisi badan harus rileks & tegak lurus dengan drum jangan miring ke belakang karena akan menghabiskan tenaga utk menopang tubuh(tubuh cepat lelah).
Teknik beel up adalah posisi yang benar untuk memainkan double pedal, posisi kaki ini berguna memanfaatkan pegas pada pedal. Sehingga, saat menginjak pedalm secara otomatis, beater pedal akan terpental kembali karena mengandalkan pegas yang ada di pedal. Jadi, dengan menggunakan teknik beelu up, Anda tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat kaki untuk menginjak pedal karena kaki dengan sendirinya terangkat oleh pegas pedal.

Kaki Anda bertugas untuk selalu menginjak, sehingga Anda sama sekali tidak menggunakan energi untuk mengangkat kaki. Cara ini tidak akan membuat kaki Anda cepat lelah.

Namun, kendala yang sering terjadi saat bermain double pedal adalah kaki kiri tdk mampu mengimbangi kelincahan kaki kanan. Hal ini bisa diatasi dengan memainkan musik dalam posisi drum dibalik. Teknik ini bertujuan agar kaki kiri Anda terbiasa dan lincah. Dengan cara ini, malah keberadaan tangan kiri juga ikut terlatih.

Namun, bila Anda memiliki twin pedal tidak perlu repot-repot membalikkan posisi drum. Anda bisa melatih dengan latihan linier grove(pukulan yang jatuh secara bergantian) dengan bergantian agar nanti bisa melakukan banyak variasi double pedal. Anda mesti optimis dan latihan yang tekun. Sebab, dengan ketekunan, apa pun bisa dihasilkan dengan sempurna seperti dalam bermain musik :D….

About these ads

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want. └►I love #Punk, I was Green Daze of Indonesia..My band favorite is Green Day, Blink182, Sum41, SID, Metallica, etcε˘`) ♡ (ʃƪ^▿^)

4 Responses to Teknik Bermain Double Pedal Drum

  1. joe putau mengatakan:

    kalau untuk melatih kaki tetapi dengan tanpa pedalnya gimana kakak..

  2. wahdy therev mengatakan:

    brarti gwa gx salah donk,, meskipun gw belom pernah belajar

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: