Tips Memilih Efek Gitar


EFEK : ANALOG ATAU DIGITAL????
Untuk anda yang masih bingung dengan pilihan antara efek stompbox analog (biasa disebut efek kodok) dengan multiefek yang sudah digital, maka saya akan mencoba membahas perbedaan jenis efek tersebut secara umum.
Hal yang paling mendasar adalah perbedaan dimensi fisik. Efek digital biasanya memiliki fisik yg lebih besar dibandingkan efek analog, itu dikarenakan efek digital mempunyai banyak jenis sound dan simulasi amplifier dalam satu unit dibanding dengan efek analog yang hanya memuat satu atau paling banyak dua jenis sound dalam satu unit. Perbedaannya lagi terletak dari segi sound yang dihasilkan.efek digital lebih cenderung menghasilkan suara yang lebih tipis dibanding dengan analog. Lebih dari itu, efek digital yaitu praktis.
nahhhhhh…ini dia yang kita tunggu tunggu….tips yang perlu diperhatikan dalam memilih efek distorsi stompbox….cek this out.
  1. pedal distorsi : pedal distorsi dibagi 3 varian yaitu over drive,distorsion, dan fuzz.
    • Pedal jenis over drive memberikan tekanan atau boost yang akan menekan amplifier sehingga menghasilkan distorsi.
    • Pedal jenis distorsi adalah pedal yang akan memproses sinyal dari gitar dan mengubahnya menjadi lebih bertenaga sebelum mengirimkannya ke amplifier.
    • Sedangkan pedal jenis fuzz adalah tipe pedal distorsion yg lebih ekstrim dan menghasilkan sound yang lebih kasar dan berat.
      Yang perlu diperhatikan adalah tidak ada sebutan baku untuk pedal2 ini. sehingga perlu mempertimbangkan pedal overdrive atau fuzz jika kita mencari pedal distorsion.
  2. Seandainya kita memilih pedal fuzz, mainkan sebuah power chord, lalu riff satu nada dan lead.
    ini dilakukan karena suara yang dihasilkan pedal fuzz biasanya tidak terdengar jelas jika kita memainkan sebuah power chord yg terdiri dari nada ke 1,3,5,dan 8. Pedal fuzzz yang baik menghasilkan riff satu nada terdengar seperti kita memainkan power chord.
  3. Jika menggunakan pedal distorsi untuk memainkan lead gitar, pastikan pedal yang digunakan cukup menyediakan boost untuk mengangkat frekuensi gain. ketersediaan gain yang cukup akan memberikan sustain yang panjang yang akan dibutuhkan untuk lead gitar kita.
  4. Selain itu juga….ada juga pedal yang memotong frekuensi tone gitar. ciri2nya adalah ketika kita memainkan gitar seorang diri sound akan terdengar sangat hebat,tetapi langsung hilang ketika teman band mulai memainkan instrumennya masing2. Ketika mencoba pedal di toko, ajak teman ikut bermain bersama, posisikan kontrol volume pada level yang sama, jika tone tidal cukup terdengar walau sudah mengotak atik kontrolnya,mungkin kita perlu mencoba pedal dengan merk lain.
  5. Luangkan waktu untuk mencoba beberapa settingan berbeda karena tidak semua pedal memberikan hasil maksimal ketika semua control dibuka hingga penuh. Frekuensi yg baik biasa terletak pada rentang angka, bukan pada angka maksimalnya.
  6. Beberapa pedal menghasilkan suara terbaiknya ketika amplifier diposisikan pada chanel clean. Namun banyak juga pedal yang menghasilkan suara terbaiknya jika amplifier memiliki sound yang sedikit kotor. Intinya kita harus berani bereksperimen. Tidak ada salahnya mencoba sedikit distorsi pada amplifier untuk menambah sedikit gain pada sound kita.
  7. Setelah nyaman dengan sound yang dihasilkan perhatikan desain pedal yang kita inginkan. Sebuah pedal harus memiliki casing yg kuat, memberikan rasa nyaman saat memainkan gitar, controlnya mudah diraih dan di lihat, swicthnya mudah dioperasikan, serta memiliki indikator sehingga kita tau dalam posisi ON atau OFF.
  8. Pastikan pedal memiliki sambungan untuk AC adapter. Tidak disarankan menggunakan pedal untuk tampil di panggung dengan menggunakan baterai. Mungkin pengeluaran akan bertambah untuk membeli AC adapter, tetapi resikonya akan lebih kecil daripada baterai yang habis saat tampil di panggung.
  9. Disarankan untuk mencari pedal yang memiliki sirkuit true-by pass. Sirkuit ini berfungsi untuk “menghilangkan” karakter pedal saat posisi off, sehingga sinyal gitar dapat melewati pedal tanpa mempengaruhi “tone”nya. Pedal yang tidak memiliki sirkuit by-pass akan tetap memberikan sedikit karakter soundnya walau sudah dalam posisi off.
  10. Yang paling perlu adalah..kita juga perlu mempertimbangkan harga pedal dan kebutuhan kita. Sekarang sudah banyak beredar jenis pedal analog yang menggunakan tabung. Teknologi tabung menawarkan beberapa keunggulan daripada teknologi transistor.
Nahhhhh…..dengan perkembangan teknologi sekarang,efek digital sudah berevolusi menjadi PRE-amp modelliing. Efek digital model ini seperti POD line6, DIGITECH GNX series atau BEHRINGER V-amp series menuntut pemiliknya untuk lebih peduli terhadap lonjakan tegangan listrik yang tiba2 dan pentebaran virus, karena mode efek ini merupakan efek komputer. Sedangkan efek digital yang bukan merupakan PRE-amp modelling sudah mulai meninggalkan oleh pihak pabrikan, mereka lebih mengutamakan keunggulan teknologi, kelengkapan fitur dan kemudahan pengoperasian.
About these ads

Perihal Nanda Rizki Ramadhan
My Name is Nanda Rizki Ramadhan.. You Can Call Me Nanda, Kiki, or Whatever You Want. └►I love #Punk, I was Green Daze of Indonesia..My band favorite is Green Day, Blink182, Sum41, SID, Metallica, etcε˘`) ♡ (ʃƪ^▿^)

One Response to Tips Memilih Efek Gitar

  1. joank dsquad mengatakan:

    thangs

Jika ingin berkomentar , Berkomentarlah dengan sopan dan baik. Dilarang SPAM,PORN,POLITICS dalam bentuk apapun. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: